Batik Itu Apa, Yah,?

Assalammualaikum Wr.Wb.
OK sobat kita akan membahas tentang batik sobat tahukan Batik itu apa sih,? Pasti sobat belum tahu sebenarnya dari mana berasal batik sebenarnya dan dari kalian pasti ada yang blum tahu Apa itu batik ,?


Batik sebenarnya memiliki berbagai macam arti. Ada yang mengatakan, kata “batik” berasal dari dua suku kata yaitu “amba” dan “titik” yang berarti pekerjaan melukis titik. Ada juga yang mengatakan, “batik” sebenarnya berasal dari kata “tik” yang diberi imbuhan “mba-“. Konon, awalan atau imbuhan ini berfungsi mengubah sebuah kata benda menjadi kata kerja.

Namun secara teori, batik adalah sebuah teknik mengolah tekstil. Secara arti, batik adalah teknik merintang atau menahan warna dengan menggunakan bahan pelapis baik berupa bubur kanji yang dikeringkan, maupun malam atau lilin.

Teknik ini tidak hanya terdapat di Indonesia tapi dapat juga kita jumpai di berbagai belahan bumi. Konon, teknik ini pertama kali dijumpai pada peradaban Mesir kuno. Digunakan untuk menghias kain pembalut mumi.

Teknik serupa juga dapat ditemukan di peradaban Cina kuno, yang kemudian menyebar juga ke Eropa, Afrika, Amerika dan tentunya Asia.

Jadi, masih mau bilang kalau batik itu asli milik kita?

Lalu apa yang membedakan batik Indonesia dengan teknik batik lainnya? Jawabannya, teknik pengerjaan dan motif. Tidak ada bangsa selain kita yang membatik dengan canting — semacam pena kayu dan wadah tembaga dengan mata untuk mengalirkan malam sebagai medium perintang warna.

Motif batik Jawa adalah rangkuman harapan dan doa. Tercipta melalui sebuah proses hening dan merupakan gambaran keadaan hati dan sosial pada masanya. Diciptakan dengan penuh kesadaran, merupakan sebuah hasil karya adiluhung yang sangat presisi.

Terkadang motif dan warna yang tercipta juga merupakan sebuah hasil asimilasi budaya dan juga hasil pengamatan dari apa yang terlihat dan dirasa oleh si seniman batik.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa sedikit membuka wawasan kita mengenai batik. Sebuah karya seni, hasil ungkapan jiwa yang menggambarkan isi hati negeri kita.

Setelah ini, semoga cinta kita kepada batik akan lebih memiliki jiwa. Bukan lagi cinta tanpa esensi. Sebagai Orang As indonesia yang penuh dengan kebudayaan Kita harus Tahu apa kebudayaan yang berada diindonesia. . ..  Semoga Artikel ini bagi Anda yang Belum tahu menjadi tahu

SEMOGA BERMANFAAT
Share on Google Plus

About Ikbal Ditan

Hai Nama saya Ikbal Ditan diblog ini saya berbagi pengalaman dan pengetahuan saya semoga kalian yang membaca artikel-artikel disini enjoy. Jika ada yang ditanyakan bisa hubungi email saya : ikbalditanm@gmail.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. BATIK memang OK !!!
    lestarikan budaya indonesia, lestarikan batik jangan sampai punah..

    ReplyDelete

Silakan isikan kolom komentar dibawah ini diharapkan jangan spam.karena komentar anda sangat berarti bagi kami jika anda mempunyai kendala insyaallah kami akan membantu anda ^_^

Informasi Pilihan Identitas Jika Berkomentar :

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Wordpress : Blog degan account wordpress
Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonymous : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda.